Senin, 28 November 2016

pH Meter

Posted by Emperor Rudi on 05.01 with No comments
pH Meter

A.    Pengertian
pH berasal dari singkatan potential of Hydrogen. pH merupakan ukuran konsentrasi ion hidrogen yang menunjukkan keasaman atau kebasaan suatu zat. Nilai pH bervariasi dari 1 hingga 14. Sebuah larutan yang netral memiliki pH = 7, larutan asam memiliki pH kurang dari 7, dan larutan basa memiliki pH lebih dari 7. Alat yang digunakan untuk mengukur pH disebut pH meter.

B.     Tujuan
pH meter berfungsi untuk mengukur tingkat keasaman atau basa yang dimiliki oleh suatu zat.

C.    Prinsip
Prinsip kerja utama pH meter adalah terletak pada sensor probe berupa elektrode kaca (glass electrode) dengan jalan mengukur jumlah ion H3O+ di dalam larutan. Ujung elektrode kaca adalah lapisan kaca setebal 0,1 mm yang berbentuk bulat (bulb). Bulb ini dipasangkan dengan silinder kaca non-konduktor atau plastik memanjang, yang selanjutnya diisi dengan larutan HCl (0,1 mol/dm3). Di dalam larutan HCl, terendam sebuah kawat elektrode panjang berbahan perak yang pada permukaannya terbentuk senyawa setimbang AgCl. Konstannya jumlah larutan HCl pada sistem ini membuat elektrode Ag/AgCl memiliki nilai potensial stabil. Jika larutan bersifat asam, maka ion H+ akan terikat ke permukaan bulb. Hal ini menimbulkan muatan positif terakumulasi pada lapisan “gel“. Sedangkan jika larutan bersifat basa, maka ion H+ dari dinding bulb terlepas untuk bereaksi dengan larutan tadi. Hal ini menghasilkan muatan negatif pada dinding bulb.

Gambar. Skema Sistem Elektrode Kaca
D.    Alat dan Bahan
·         pH Meter                           
·         Buffer  pH 7
·         Buffer  pH 4
·         Tissue

E.     Prosedur
1.      pH meter dikalibrasi dengan cara memasukkan elektroda dalam larutan buffer pH 7 kemudian dibilas dengan aquades dan dikeringkan dengan menggunakan kertas tisu, selanjutnya elektroda dimasukkan dalam larutan buffer pH 4.
2.      Sampel ditimbang sebanyak 5 gram kemudian dicampur dengan 5ml aquades.
3.      Elektroda yang telah dikalibrasi dimasukkan ke dalam sampel.
4.      Nilai pH akan terlihat pada pH meter beberapa saat setelah pH meter menunjukkan angka yang konstan.
Gambar. pH meter





0 komentar:

Posting Komentar